5 Pesepak Bola Top Dunia yang Dukung Palestina

Para pesepakbola top dunia yang mendukung Palestina makin vokal menyuarakan aspirasinya. Hal ini sebagai respons mereka atas serangan Israel yang menewaskan ribuan warga Palestina di Jalur Gaza. Para pemain top dunia ini menunjukkan rasa solidaritasnya terhadap warga Gaza dengan berbagai cara. Mereka tak gentar meski harus menghadapi berbagai risiko, seperti kritikan pedas atau hukuman dari federasi atau klub. Aksi solidaritas para pemain ini pun mendapat respons positif dari netizen di seluruh dunia, khususnya yang beragama Islam. Tercatat ada 12 pesepakbola top dunia yang mendukung Palestina.

BACA JUGA: 5 Pemain Muslim di Manchester United, Ada yang Jadi Kapten!

1. Anwar El Ghazi tak gentar meski dipecat oleh klubnya

Anwar El Ghazi berani menunjukkan dukungannya terhadap Palestina lewat sebuah unggahan di media sosial. Aksinya itu mengundang reaksi dari klub yang mengontraknya, FSV Mainz. Klub asal Jerman itu pun langsung memutus kerja sama dengan sang pemain sebagai respons atas unggahan terkait dukungan terhadap Palestina. Meski begitu, El Ghazi tetap teguh pada pendiriannya. Ia mengaku sama sekali tak menyesali perbuatannya. Menurutnya, penderitaan yang dialami rakyat Gaza tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pemutusan kontraknya dengan Mainz.

2. Karim Benzema Terancam Kehilangan Ballon d’Or

Karim Benzema menjadi salah satu pemain top dunia yang turut mendukung Palestina lewat unggahan di media sosial pribadinya. Pemain asal Prancis itu menyampaikan belasungkawa dan doa untuk para korban serangan Israel lewat cuitannya di Twitter. Namun, sejumlah pihak tidak senang dengan aksi solidaritas yang dilakukan Benzema.

3. Riyad Mahrez tunjukkan solidaritas secara daring maupun luring

Riyad Mahrez secara konsisten menunjukkan solidaritasnya kepada rakyat Gaza di Palestina. Ia pernah mengibarkan bendera Palestina saat masih bermain untuk Manchester City. Hal itu terjadi setelah Manchester City menang 5-0 atas Everton di ajang Liga Primer Inggris 2020/2021. Hal serupa juga dilakukannya saat selebrasi gelar juara EPL Manchester City.

4. Noussair Mazroui juga mendukung Palestina meski mengancam kariernya

Noussair Mazroui menjadi pesepak bola kelas dunia yang mendukung Palestina dan tidak takut dengan ancaman yang akan mengancam karier sepak bolanya. Ia membuat unggahan di akun Instagram pribadinya yang menunjukkan bahwa negaranya, Maroko, akan selalu berada di pihak Palestina. Bayern Munich, klub pemilik Mazroui, langsung menghubungi sang pemain terkait unggahan tersebut.

5. Hakim Ziyech membuat unggahan Instagram Story terkait Palestina

Hakim Ziyech merupakan salah satu pesepak bola papan atas dunia yang mendukung Palestina melalui akun Instagram pribadinya. Dalam unggahan Instagram Story miliknya, pemain asal Maroko tersebut mengunggah ulang kutipan dari Malcolm X. Ia kemudian menulis di bawah kutipan tersebut dengan mengatakan “dari sungai hingga laut Palestina akan merdeka”. Ziyech tidak menerima ancaman atau kritikan apa pun atas unggahan tersebut. Ia tetap bermain seperti biasa untuk Galatasaray dan Tim Nasional Maroko. Ziyech saat ini dipinjamkan dari Chelsea ke Galatasaray selama 1 tahun dengan opsi pembelian pada akhir 2023/2024.

Leave a Comment