5 Fakta Sepak Bola yang Harus Diketahui Pencinta Bola!

Sepakbola merupakan olahraga yang paling banyak penggemarnya. Bahkan, jumlah penggemarnya diperkirakan mencapai hingga 3,5 miliar orang di seluruh dunia. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, berikut ini sejumlah fakta sepak bola yang perlu Anda ketahui.

Mulai dari sejarah pertama kali sepak bola dimainkan hingga informasi menarik lainnya, ada begitu banyak fakta menarik seputar sepak bola yang bisa Anda gali. Yuk, perluas wawasan Anda lewat ulasan ini!

BACA JUGA: 5 Pemain Sepak Bola Tertinggi Dunia, Lebih Dari 2 Meter!

Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya merupakan penggemar sepak bola. Itulah sebabnya, pembahasan seputar dunia sepak bola selalu menarik untuk disimak. Nah, berikut ini beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui:

1. Pertama Kali Dimainkan di Tiongkok

Meski pertandingan pertama kali dimulai di Inggris, FIFA mengakui bahwa permainan menendang yang mirip dengan sepak bola sudah dimainkan di Tiongkok sejak 206 SM (Sebelum Masehi).

Permainan ini disebut Cùjū. Aturannya pun sama, yakni memperbolehkan pemain menendang bola menggunakan bagian tubuh mana pun kecuali tangan.

2. Pertandingan Sepak Bola Pertama Kalinya pada Tahun 1863 di London

Selanjutnya, sejarah sepakbola resmi dimulai pada tanggal 19 Desember 1863 di Mortlake, London, Inggris. Di sinilah pertandingan resmi pertama di dunia dimainkan oleh Barnes FC dan tuan rumah Richmond FC di Limes Field, London.

Saat itu, mereka bermain menggunakan Peraturan Sepak Bola FA. Hasilnya? Hasil imbang tanpa gol, 0-0. Sebelumnya, peraturan sepak bola tidak resmi sering kali kacau karena mengikuti peraturan Cambridge dan Sheffield.

Hal ini karena Cambridge memperbolehkan pemain menggunakan tangan untuk bermain, dan peraturan Sheffield juga memperbolehkan pemain menendang atau memukul bola dengan tangan. Beruntung, sekarang peraturannya sudah lebih terstruktur.

3. Asal Mula Istilah Soccer dan Football

Fakta tentang sepakbola selanjutnya adalah tentang penamaannya. Secara global, football merupakan istilah bahasa Inggris yang paling banyak digunakan untuk menyebut olahraga ini, kecuali di Amerika Serikat dan Kanada.

Di kedua negara tersebut, istilah soccer lebih populer. Hal ini karena di sana, football merujuk pada permainan bola lainnya, yakni permainan yang kerap muncul dalam film dan serial Hollywood seperti The Blind Side, Invincible, dan masih banyak lagi.

Yang menarik, istilah football di kawasan Amerika dan Kanada digunakan untuk merujuk pada bola tangan. Padahal, jika diterjemahkan, football berarti sepak bola.

4. Piala FA Merupakan Kompetisi Sepak Bola Tertua di Dunia

Kompetisi sepakbola tertua di dunia adalah Piala FA yang berdiri sejak tahun 1872. Sejarah pertandingan sepakbola internasional pun dimulai pada tahun yang sama, yakni pertandingan antara Skotlandia dan Inggris di Glasgow (Skotlandia).

Lebih rinci, kompetisi tersebut digelar pada 30 November 1872 dengan jumlah penonton yang cukup banyak meski pertandingan tersebut baru pertama kali digelar, yakni 4.000 orang.

Meski berakhir imbang 0-0, pertandingan tersebut menjadi awal mula rivalitas yang terus berlanjut hingga saat ini. Hingga kini, lebih dari satu abad lalu, Piala FA dikenal sebagai pertandingan yang menjadi cikal bakal perkembangan sepak bola sebagai olahraga global.

5. Liga SepakBola Pertama di Dunia Lahir di Birmingham

Salah satu fakta sepakbola yang wajib Anda ketahui sebagai penggemarnya adalah tentang liga sepakbola. Masih terkait dengan Inggris, ternyata Inggris juga menjadi rumah bagi English Football League sebagai liga sepakbola pertama di dunia.

Liga ini didirikan di Birmingham oleh Aston Villa (William McGregor) pada tahun 1988, dan beranggotakan 12 klub dari Midlands dan Inggris Utara. Boleh dibilang, diperkenalkannya liga ini menandai langkah besar dalam penyelenggaraan pertandingan sepakbola internasional.

Sejak tahun 1981 hingga 2016, nama liga ini mengikuti nama perusahaan yang menjadi sponsor utamanya. Pada periode 2016-2017, nama tersebut kembali ke nama aslinya, yakni EFL karena tidak ada sponsor acara. Hingga akhirnya pada periode 2017 dan seterusnya, EFL menggunakan nama Carabao Cup.

Leave a Comment