Indonesia Juara Piala AFF U-19, Dapat Hadiah Rp 1 milliar

Final Piala AFF U-19 2024 dimenangkan oleh Timnas Indonesia U-19 usai mengalahkan Thailand U-19. Garuda Muda meraih gelar usai menang dengan skor 1-0 lewat gol Jens Raven.

Pada final Piala AFF U-19 2024 tersebut, Timnas Indonesia U-19 berlaga kontra Thailand U-19 di Stadion Gelora BungTomo, Surabaya, Senin 29/7/2024. Garuda Muda membuka keunggulan lewat gol Jens Raven pada menit ke-18.

BACA JUGA: Peluang MU Dapatkan Ugarte Terbuka Lebar

Keunggulan 1 -0 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama berakhir. Babak kedua menjadi milik Thailand. Lini belakang Indonesia tampil disiplin meredam serangan Gajah Perang.

Pada akhirnya Thailand tidak mampu mencetak gol penyama kedudukan hingga laga berakhir. Indonesia akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0. Dengan hasil tersebut, maka pasukan Indra Sjafri keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2024.

Ini menjadi gelar kedua bagi Indonesia di Piala AFF U-19 setelah pada 2013.

Jalannya Pertandingan

Indonesia melakukan inisiatif menyerang di awal Pertandingan. Tendangan Riski Afrisal hanya bisa menjadi perisai dari sudut kiri balik menerjang benteng Gajah Perang.

Thailand mencuri kesempatan bermain lewat Thanawut Phochai. Bola yang dilepaskan lebih dekat ke Ikram Algiffari.

Perlahan, Thailand mulai bisa lepas dari tekanan Indonesia. Tim Gajah Perang sudah mulai bisa memegang kendali laga. Kondisi ini justru bisa dimanfaatkan Indonesia.

Arlyansyah Abdulmanan mendapat bola dari Jens Ravens. Tembakan Abdulmanan masih bisa diblok dan mudah diamankan Kittipong Bunmak. Thailand nyaris mengejar ketertinggalan di menit ke-14.

Thanakrit Chotmuangpak melepaskan bola menuju Thanawut yang langsung melepaskan sepakan keras. Indonesia bisa tertolong tiang gawang.

Indonesia sukses mencetak gol di menit ke-18. Corner Kafiatur Rizky disambar Kadek Arel. Jens Raven yang berdiri di depan gawang melakukan sundulan yang melepas tendangan keras. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Raven mencoba melancarkan aksi individu di menit ke-28. Tembakannya masih melambung.

Tiang gawang kembali menyelamatkan Indonesia dari kebobolan di menit ke-37. Tendangan bebas Piyawat Petra justru menghantam tiang sebelah kanan. Hingga jeda, Thailand mengurung lini pertahanan Indonesia.

Mereka memburu gol penyama. Thanawut sempat membahayakan gawang. Namun, sepakannya melebar dan melambung di atas gawang Ikram. Giliran Indonesia menyusul mengancam dari tendangan bebas

Toni Firmansyah. Namun, tembakan Ton mengepulkan debu dan tetap melebar. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum. Sepasang gol yang tercipta di babak pertama hanya jadi tuan rumah semangat. Selepas jeda, tempo pertandingan justru lebih apatis.

Pemain kedua klub tak teratur di lapangan. Tak ada serangan membahatkan yang tercipta. Sudah buntu, Paripan Wongsa mencoba lewat sepakan jarak jauh. Namun, tembakan Wongsa masih lemah dan mudah diamankan Ikram.

Bola mati hampir membawa mala petaka bagi Indonesia. Ikram tetap sigap keluar dari sarang. Sundulan pemain Thailand mengenai tinju Ikram hingga melayang.

Thailand terus menyerang di menit akhir. Mereka mendapat peluang melalui tendangan sudut. Sundulan pemain Thailand tetap lebar.

Leave a Comment